Senin, 27 Februari 2012

Perkembangan Anak Dengan Berkebutuhan Khusus (Bag.3)


Anak dengan Gangguan Emosional
          Hal-hal yang perlu diketahu pada anak yang mengalami gangguan emosional adalah :
1.    Terjadi   dalam    situasi   yang   diikuti oleh beberapa karakteristik yang
muncul dalam periode tertentu dan berpengaruh dalam kehidupan sehari-hari seorang anak seperti:
a.    Ketidak mampuan untuk belajar yang tidak dapat dijelaskan dari faktor intelektual, sensori maupun kesehatan
b.    Ketidakmampuan untuk mempertahankan atau membangun hubungan yang menyenangkan dengan teman sebaya atau dengan guru
c.    Berperilaku tipikal atau memiliki perasaan yang tidak sesuai walau dalam situasi yang normal
d.   Secara umum terlihat depresi atau tidak bahagia
e.    Kecenderungan untuk memunculkan simtom fisik atau ketakutan-ketakutan yang dikaitkan dengan seseorang atau sekolah

2.    Penyebab terjadinya gangguan emosional ini berupa:
a.  Faktor biologis
b. Faktor psikososial, seperti stres yang berkepanjangan, kejadian hidup yang menekan, perlakuan salah pada masa kecil, fakator keluarga
3.    Karakteristik dari anak dengan gangguan emosional adalah:
a.    Secara tingkah laku biasanya mereka tidak berbeda dengan anak kebanyakan. Namun bisa dilihat dari tingkah laku yang terinternalisasikan dan tingkah laku yang dieksternalisasikan.
b.    Secara emosional, biasanya mereka memiliki pengalaman kecemasan yang bersumber dari rasa ketakutan yang berlebihan. Ada depresi yang muncul
c.    Secara sosial, ada hambatan dalam mempertahankan sebuah hubungan dengan orang lain.
d.   Secara kognitif akan memiliki rentang kemampuan dari yang rendah hingga yang tinggi. Namun seringkali gangguan emosinya tersebut menghambat hasil pembelajarannya.
4. Proses identifikasi anak dengan gangguan emosi dilakukan dengan asesmen formal dan asesmen di dalam kelas apabila anak tersebut sudah masuk sekolah. Penanganan dilakukan oleh ahlinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar