Minggu, 26 Februari 2012

Teori Kematangan, Arnold Gesell (1920-1930)

Gesell adalah seorang dokter dari Amerika yang percaya bahwa pola tingkah laku dan perkembangan dari seorang anak secara otomatis sejalan dengan pertumbuhan fisik  dan perkembangan motoriknya. Anak berkembang sesuai dengan waktu atau jadwal alaminya, menurut Gesell usaha untuk mempercepat kematangan dan kesiapan anak dalam berbagai hal adalah usaha yang sia-sia dan hanya menghabiskan waktu saja.
Anak akan memperkaya pengalaman sesuai dengan tahapan perkembangannya. Seorang guru haruslah mengetahui dan memahami urutan perkembangan anak sehingga dapat memberikan rangsangan dan pengalaman- pengalaman bagi anak yang sesuai dengan tahap perkembangan.

Mengamati anak ketika bermain adalah sesuatu yang sangat penting.  Pengamatan  menghasilkan hal yang valid untuk mendapatkan informasi tentang sampai dimana tahap perkembangan  anak. Saat pengamatan guru dapat menentukan apakah anak cukup matang untuk mempelajari suatu konsep atau keterampilan. Misalnya melalui pengamatan seberapa sering anak tertarik bermain angka-angka dan kegiatan-kegiatan matematika, guru dapat memutuskan bahwa anak tersebut telah siap untuk mempelajari konsep ini. Guru akan meletakkan alat-alat main di atas meja atau di lantai yang dapat dicocokkan satu sama lain dan meminta anak untuk mencocokkannya. Selanjutnya guru akan menjelaskan bahwa benda-benda yang memiliki hubungan dapat dicocokkan satu sama lain, misalnya bola dengan pemukulnya. Kegiatan ini diulang-ulang sampai anak dapat memahami konsep mencocokkan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar