Gesell
adalah seorang dokter dari Amerika yang percaya bahwa pola tingkah laku dan
perkembangan dari seorang anak secara otomatis sejalan dengan pertumbuhan
fisik dan perkembangan motoriknya. Anak
berkembang sesuai dengan waktu atau jadwal alaminya, menurut Gesell usaha untuk
mempercepat kematangan dan kesiapan anak dalam berbagai hal adalah usaha yang
sia-sia dan hanya menghabiskan waktu saja.
Anak
akan memperkaya pengalaman sesuai dengan tahapan perkembangannya. Seorang guru
haruslah mengetahui dan memahami urutan perkembangan anak sehingga dapat
memberikan rangsangan dan pengalaman- pengalaman bagi anak yang sesuai dengan
tahap perkembangan.
Mengamati anak ketika
bermain adalah sesuatu yang sangat penting.
Pengamatan menghasilkan hal yang
valid untuk mendapatkan informasi tentang sampai dimana tahap perkembangan anak. Saat pengamatan guru dapat menentukan
apakah anak cukup matang untuk mempelajari suatu konsep atau keterampilan.
Misalnya melalui pengamatan seberapa sering anak tertarik bermain angka-angka
dan kegiatan-kegiatan matematika, guru dapat memutuskan bahwa anak tersebut
telah siap untuk mempelajari konsep ini. Guru akan meletakkan alat-alat main di
atas meja atau di lantai yang dapat dicocokkan satu sama lain dan meminta anak
untuk mencocokkannya. Selanjutnya guru akan menjelaskan bahwa benda-benda yang
memiliki hubungan dapat dicocokkan satu sama lain, misalnya bola dengan
pemukulnya. Kegiatan ini diulang-ulang sampai anak dapat memahami konsep
mencocokkan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar